Keutamaan dan Tata Cara Puasa Syawal

Eng ing eng, halo sobat tareis, bagaimana kabarnya nih? pasti baik ya.

Oke sob to de poin aja ya. Pada kesempatan kali ini, ane mau ngasih sedikit info mengenai puasa syawal. Puasa syawal dilakukakan pada bulan syawal (ya elah semua orang tau keles), namun tidak semua tanggal yang terdapat pada bulan syawal boleh melakukan puasa. Seperti pada tanggal 1 syawal, kenapa? karena pada tanggal tersebut umat muslim sedang merayakan hari raya idul fitri, so hukumnya haram untuk melakukan puasa sob. Baca lebih lanjut

Iklan

Lamunan dalam Bus

thumb_besar.php      

          Pagi hari telah menjelang, tampak sinar-sinar matahari merayap masuk celah rumah tuk bangunkan ku dari mimpi yang indah. Hari ini akan menjadi hari yang melelahkan, alasanya? yap, hari ini ada praktikum yang memaksaku untuk memakan banyak waktu berdiam diri di bus. Aku benci perjalanan, setiap perputaran rodanya membuat seluruh tubuh ini serasa ikut diputar, perut ikut bergunjang dan otak terasa ditekan. Tidak sampai muntah, tapi sejujurnya pusingnya sangat menyiksa. Benar saja, sesampainya dikampus terlihat 2 buah bus terparkir dengan gagahnya, bus kecil dengan beberapa “peyok”  di sisinya, seolah menandakan ketangguhan bus di setiap perjalanannya. Bus ini tanpa AC, hanya ada sedikit angin dari celah cendela yang memang sulit untuk dibuka., sumpek oleh mahasiswa lain yang tak kebagian tempat duduk. Oke ini sempurna, perjalanan yang mungkin hanya 1 jam tapi setiap detiknya akan sangat menyiksa.

Baca lebih lanjut

Dibalik kata Salam (Assalamualaikum) #2

images (3)

Allah SWT berfirman didalam Al-Qur’an Surat An-Nisa Ayat 86: “Bila orang memberi salam kepadamu,jawablah dengan salam yang lebih baik atau dengan yang sepadan. Sungguh Allah selalu memperhitungkan segala sesuatu.”

[QS.An Nisaa’.4;86]

 Demikianlah Allah SWT memerintahkan agar seseorang membalas dengan ucapan yang setara atau yang lebih baik. Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagaimana Baca lebih lanjut

Menikmati Indahnya Kesalahan

download    Assalamualaikum sahabat Tareis, maaf karena sudah lama tidak update karena kesibukan. Baiklah, untuk kali ini Tareis Center akan berbagi mengenai hal yang selalu dilakukan manusia dan hal yang selalu ada didekat kita, yap hal tersebut adalah kesalahan. Ini sekedar opini kami terkait memandang kesalahan bukan dari sesuatu yang negatif melainkan merupakan hal yang baik dan justru harus dinikmati. Baca lebih lanjut

Pendidikan Nasional

hari-pendidikan-nasional

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU No 20 Tahun 2003). Sedangkan Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Baca lebih lanjut

Memberi Satu Dirham, Lalu Allah Memberinya Seratus Dua Puluh Ribu Dirham

 

dermawan      images (2)

Dari Al-Fudhail bin ‘Iyadh (Abu Ali Al-Fudhail bin ‘Iyadh At-Tamimi (105-187) adalah Syaikhul Haram Al-Makki, termasuk di antara hamba Allah yang amat shalih, dilahirkan di Samarkand dan meninggal dunia di Makkah (Al-‘Illam, 5/360).) ia berkata, seorang laki-laki menceritakan kepadaku,

“Ada laki-laki yang keluar membawa benang tenun, lalu ia menjualnya satu dirham untuk membeli tepung. Ketika pulang, ia melewati dua orang laki-laki yang masing-masing menjambak kepala kawannya. Ia lalu bertanya, ‘Ada apa?’ Orang pun memberitahunya bahwa keduanya bertengkar karena uang satu dirham. Maka, ia berikan uang satu dirham kepada keduanya, dan ia pun tak memiliki sesuatu. Baca lebih lanjut

REJEKI BANYAK BENTUKNYA

Kemarin hujan mulai jam 9 pagi, seorang tukang rujak numpang berteduh di teras ruko saya ( Yeti Haryati) .

Masih penuh gerobaknya, buah-buah tertata rapi. Kulihat beliau membuka buku kecil, rupanya Al Quran. Beliau tekun dengan Al-Qurannya. Sampai jam 10 hujan blm berhenti.

Saya mulai risau karena sepi tak ada pembeli datang.

Saya keluar memberikan air minum.
“Kalau musim hujan jualannya repot juga ya, Pak… ” .. “Mana masih banyak banget.”

Beliau tersenyum, “Iya bu.. Mudah-mudahan ada rejekinya.. .” jawabnya.

“Aamiin,” kataku.

“Kalau gak abis gimana, Pak?”. tanyaku.

“Kalau gak abis ya risiko, Bu.., kayak semangka, melon yang udah kebuka ya kasih ke tetangga, mereka juga seneng daripada kebuang. kayak bengkoang, jambu, mangga yang masih bagus bisa disimpan. Mudah-mudahan aja dapet nilai sedekah,” katanya tersenyum.

“Kalau hujan terus sampai sore gimana, Pak?” tanyaku lagi.

“Alhamdulillah bu… Berarti rejeki saya hari ini diizinkan banyak berdoa. Kan kalau hujan waktu mustajab buat berdoa bu…” Katanya sambil tersenyum.

“Dikasih kesempatan berdoa juga rejeki, Bu…”

“kalau gak dapet uang gimana, Pak?” tanyaku lagi.

“Berarti rejeki saya bersabar, Bu… Allah yang ngatur rejeki, Bu… Saya bergantung sama Allah.. Apa aja bentuk rejeki yang Allah kasih ya saya syukuri aja. Tapi Alhamdulillah, saya jualan rujak belum pernah kelaparan.

“Pernah gak dapat uang sama sekali, tau tau tetangga ngirimin makanan. Kita hidup cari apa Bu, yang penting bisa makan biar ada tenaga buat ibadah dan usaha,” katanya lagi sambil memasukan Alqurannya ke kotak di gerobak.

“Mumpung hujannya rintik, Bu… Saya bisa jalan ..Makasih yaa ,Bu…”

Saya terpana… Betapa malunya saya, dipenuhi rasa gelisah ketika hujan datang, begitu khawatirnya rejeki materi tak didapat sampai mengabaikan nikmat yang ada di depan mata.

Saya jadi sadar bahwa rizki hidayah, dapat beribadah, dapat bersyukur dan bersabar adalah jauh…jauh lebih berharga daripada uang, harta dan jabatan..

Sumber : Ustadz Fatih Karim